Selasa, 21 November 2017

Sejarah vespa exthereme atau gembel

Di Indonesia Vespa extreme atau lebih di kenal dengan Vespa GEMBEL adalah satu salah satu dari sekian banyak komunitas Vespa yang sering touring dengan menempuh jarak melebihi 1000km. 


Aliran gembel ini hadir di Indonesia sekitar awal tahun 2000'an. Di tahun-tahun tersebut Vespa gembelbelum dimodifikasi, Misalnya saja: longride, chooper, trikel, ataupun jenis vespa gasruk, melainkan hanya penerapan beberapa barang yang memiliki cerita sepanjang perjalanan seperti pemasangan stiker pada bodi kendaraan, kalung-rantai, bendera, atau souvenir lainnya, jadi cukup susah juga bukan mendapatkan nama vespa gembel pada tahun-tahun tersebut. 


Penamaan vespa gembel itu sendiri sercara sudut pandang sejarah dikarenakan mereka selalu terlihat lusuh dan kumal secara penampilan kendaraan dan pengendaraannya, namun tetap safety dalam berkendara dengan memasang lampu dan memakai helm.   

Mungkin benar kata dalai lama, kalau sejarah itu bisa diubah, ini pun berlaku pada pergeseran makna vespa gembel, kalau kita melihat kembali pada sejarahnya, yaitu: Pengendaran Vespa gembel lebih punya gaya yg terlihat apa-adanya, dan tidak terlihat dibuat-buat, karena yang mereka pakai maupun perangkat yg dipasang di vespanya memang memiliki dan mengandung nilai-nilai sejarah yg berkesan, dan bukan hanya sekadar untuk bergaya saja. Lebih dari itu vespa gembel pada awalnya tetap mengemas vespa mereka secara utuh dari segi bodi.
Namun sejarah hanya tinggal sejarah dan hanya bisa dikenang-kenang saja, dan bagi para pelaku/ pengendara vespa gembel sekarang makna sejarah itu sudah tidak berlaku lagi. Cukup Ironis.
 
Kalau kita amati di sekitar kita, banyak sekali penganut vespa gembel 'menghancurkan' bodinya dengan berbagai cara agar terlihat rusak dan lusuh, selain itu penerapan barang-barang pada kendaraanpun kurang memiliki makna, mereka sekarang cenderung mengambil apapun di jalan yang sekiranya pantas untuk ditempelkan pada bodi kendaraan.
 


                                                        Vespa Long Ride

ADSENSE Link Ads 200 x 90
inherit; margin: 0px 0px 0.0001pt; padding: 0px; user-select: text !important; vertical-align: baseline;"> 


                                                            Vespa Chooper




                                                              Vespa Trikel




                                                        Vespa Army



8

0 komentar:

Posting Komentar